Wednesday, February 15, 2017

Gowes ke Air Terjun Gedad Banyusoca Playen


Air Terjun Gedad

Satu lagi destinasi gowes baru di Gunung Kidul yang menarik perhatian untuk dikunjungi  yakni Air Terjun Gedad yang terletak di Dusun Gedad, Desa Banyusoca Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Nama air terjun ini diambil dari nama dusun yang menjadi lokasinya. Ketertarikan kami berasal dari tayangan di you tube dari gunungkidultv.
Keindahan  alam dari  dari air terjun ini memang baru gencar dipromosikan ke berbagai media sosial seperti youtube, facebook serta Instagram.

Karakteristik air terjun ini sebenernya  mirip dengan beberapa air terjun yang terletak di kabupaten Bantul dan Kulonprogo, akan tetapi struktur batu dan debit air yang melimpah membuat menarik di foto serta adanya kolam kecil di bawah yang dangkal sehingga amandipergunakan buat mandi dan bermain air.
Sabtu tanggal 11 Februari 2017 Kami berempat Jonet Rohmanyu, Abud, nandar Dwiyanto dan Withira Hadi memutuskan untuk gowes ke air terjun tersebut.

Rute Gowes
Kami menggunakan Jembatan Siluk sebagai titik kumpul karena hasil simulasi di google maps jarak dari jembatan ini sampai air terjun hanya sekitar 13 km. 
Profil jalan menanjak dari jembatan siluk sampai dengan Perempatan Watu Payung sejauh sekitar 6 km dengan elevation gain kira2 350 meter dari perempatan kita belok kiri ke Dusun Gedad yang berjarak sekitar 7 km dengan profil jalan beraspal rolling cenderung turunan. Di Dusun Gedad setelah kita melihat Madrasah Ibtidaiyah Gedad tinggal 100 meter akan kita temui papan penunjuk air terjun dan soanduk besar. 
Untuk Air Terjun Gedad. Jalannya masih gravel sejauh 300 meter dari jalan aspal.

1 comment: